DAFTAR MAKANAN PEMBAKAR LEMAK!!!

Posted: Februari 13, 2011 by fajriyanie in Uncategorized

Ceritanya ginii,,, ada temen cewek aku sms,, “sist, apa aja sih makanan yang mengandung kalori??” hmmm,,aku inget,, dia lagi diet. haha. perlahan-lahan makan malam dihindari, minum jamu dan sebagainya. hmm.. tapi ngemil mah susah di hindari. huhh…

Aku search aja di google, makanan yang mengandung banyak kalori tuh apa saja secara lebih lengkap selain yang aku tahu. Pas aku sms’in dan wow…dia langsung bilang “wah,,, itu semua makanan kesukaanku… sekarang juga (malam) lagi makan kacang. sayang sedikit lagii, kalo ga di abisin mubazir. hehe” Nahh itulah,, niat gak niat namanya. haha…

Yaudin deh aku cari tau info tentang makanan apa aja yang bisa membakar lemak, yang khusus di konsumsi oleh orang yang lagi diet. hmmmm dan dapet. mau tau?? cekidooootttt… :

Mau menurunkan berat badan walau makan banyak? It’s possible!

Sederhana saja. Kegemukan disebabkan apabila kita memakan makanan melebihi kebutuhan kalori harian kita. Bila kebutuhan kalori kita 2000 kalori/hari, tapi kita makan 3000 kalori, maka kelebihan 1000 kalori (yang berasal dari karbohidrat, protein, dan lemak) akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk cadangan lemak. Bila cadangan lemak kita bertumpuk-tumpuk terus dalam tubuh, jadilah kegendutan!

Pakem diet menyatakan bahwa bila Anda ingin menurunkan berat badan lebih cepat, maka Anda harus mengurangi porsi makan dan memakan makanan rendah kalori. Namun sebagai alternatif diet lain, kita bisa menurunkan berat badan dengan tetap makan seperti biasa, dan membiarkan makanan yang melakukan tugas diet untuk kita—salah satunya dengan makan makanan pembakar lemak.

Makanan pembakar lemak adalah penurun berat badan secara alami dan bekerja dengan mempercepat metabolisme sehingga dengan itu dapat membakar banyak kalori. Makanan pembakar lemak juga dapat menekan selera makan seseorang sehingga ia jadi makan lebih sedikit.

Akhir-akhir ini begitu banyak iklan produk yang menjanjikan menurunkan berat badan dalam waktu instan (seperti turun 8-12 kg seminggu). Anda hendaknya waspada dengan produk seperti ini (biasanya berupa minuman atau “jamu”), karena produk pelangsing begini bukannya membakar lemak seperti yang dijanjikan dalam iklannya, melainkan mengeluarkan cairan tubuh sebanyak-banyaknya. Gejalanya, Anda jadi sangat sering kencing dan selalu merasa haus. Berat Anda memang akan cepat turun, namun itu karena cairan tubuh yang terkuras—bukannya lemak. Akibatnya, Anda akan mengalami dehidrasi—dan sampai tingkat yang parah dapat menyebabkan kematian(!!!). Maka itu, diet pembakar lemak dengan makanan adalah alternatif yang lebih aman, lebih sehat untuk Anda.

Pakar kesehatan Elaine Woosey menyatakan dalam situsnya mengenai fat burning foods, bahwa tak sedikit orang mengeluh “sudah diet sekuat tenaga” namun gagal karena tidak tahu makanan yang tepat, atau karena diet asal-asalan (fad diet). Berdasarkan pengalamannya juga, ia menyatakan bahwa makanan-makanan di daftar ini dapat menurunkan berat badan hingga 2 pon per hari bila dimakan dalam jumlah cukup.

Woosey juga menganjurkan kepada orang-orang yang sedang diet menaikkan berat badan—agar lebih mengontrol porsi makanan pembakar lemak di sini, karena sebagian besar makanan inilah yang akan membuat diet mereka gagal bila dimakan terlalu banyak. Inilah daftar makanan pembakar lemak :

  1. Mentahan dan lalap : buah-buahan, sayur, salad, polong-polongan. Sebab, sayur dan buah-buahan mengandung enzim yang dapat memecah lemak dalam usus, sehingga mencegah lemak terserap tubuh.
  2. Lean meat (daging berlemak jarang), seperti ikan dan dada ayam
  3. Makanan berkalsium tinggi karena kalsium dapat memecah sel-sel lemak tubuh, seperti susu, yogurt, keju, dan produk-produk turunan susu lain. Susu juga dapat menekan selera makan sehingga mencegah Anda makan banyak. Namun bila Anda menderita kolesterol tinggi, hendaknya konsultasikan dulu hal ini dengan dokter Anda. Disarankan Anda meminum susu skim atau low-fat bila berniat menggunakan susu untuk diet.
  4. Vitamin C dapat mencairkan lemak sehingga dapat dibuang dari tubuh, seperti apel, jeruk, kubis, dan brokoli
  5. Pektin dapat membatasi penyerapan lemak oleh sel-sel tubuh dan “memaksa” tubuh menelanjangi cadangan lemaknya. Sumber pektin adalah buah-buahan terutama apel dan albedo
  6. Bawang putih dan minyak bawang putih, karena dapat mengurangi cadangan lemak tubuh
  7. Green tea (teh hijau), karena dapat mempercepat metabolisme dan membantu mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh
  8. Cabe merah pedas dan lada : mempercepat metabolisme, membantu membakar banyak kalori
  9. Minyak zaitun : bersifat pembakar lemak dan dapat menurunkan kolesterol
  10. Makanan pembuka dengan sup dari bahan-bahan alami (terutama sayuran) dapat menurunkan nafsu makan. Makanlah sup sebagai pembuka lalu makan menu utama.
  11. Kedelai dan produk-produk turunannya (tahu, tempe, susu kedelai)—karena kedelai mengandung lesitin yang mencegah sel mengakumulasi lemak terlalu banyak, dan membantu memecah lemak dari tubuh.
  12. Dan untuk melengkapinya, minum banyak-banyak air putih. Air putih bersungsi sebagai “pencuci” sistem tubuh dan membuang toksin-toksin berbahaya. Minumlah banyak air sehingga makanan pembakar lemak dapat bekerja dengan optimal. Tips lainnya : minumlah banyak air sebelum makan, maka hal ini dapat mengurangi langsung porsi makan utama Anda. Lagipula, air tidak mengandung kalori, sehingga tidak bersifat menggemukkan. Dan satu lagi — apakah Anda masih beranggapan bahwa minum air es dapat membikin gemuk? Mulai sekarang, singkirkan mitos itu jauh-jauh dari benak Anda. Tubuh kita tidak bisa langsung menggunakan air yang suhunya terlalu dingin atau terlalu panas. Apabila suhu air yang kita minum terlalu dingin, tubuh akan mengkonversi air es tersebut agar suhunya sesuai dengan suhu tubuh. Proses ini memakan sejumlah kalori. Jadi, minum air es justru lebih banyak membakar kalori dari air biasa!
  13. CLA (Conjugated Linoleic Acid) : Asam linoleat terkonjugasi atau yang biasa disebut sebagai CLA merupakan bentuk dari sebuah sama lemak essensial yakni asam linoleat. Studi menunjukkan bahwa CLA dapat membakar lemak dan meningkatkan formasi massa otot dalam tubuh—yang sanngat baik untuk orang-orang diet. Selain itu, CLA juga diteliti mampu meningkatkan produksi ASI dan meningkatkan sensitivitas insulin bagi orang-orang diabetes. Sumber CLA adalah ikan laut. Beberapa produk diet di pasaran Indonesia pun telah memasukkan CLA ke dalam ingredient-nya–saya rasa tidak perlu menyebutkan merknya :-p

Selain menurunkan berat badan,Woosey juga menyatakan beberapa manfaat tambahan dari mengonsumsi makanan pembakar lemak, seperti : menghilangkan lemak perut, mengurasi rasa lapar, membuat tidur lebih baik, menghilangkan selulit, hingga meningkatkan harapan hidup dan mencegah resiko serangan jantung, kolesterol, dan darah tinggi.

Sumber : Fat Burning Foods for Natural Weight Loss. Elaine Woosey. www.beauty-secrets4u.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s